Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ketua PJS Sumut Tetapkan Pengurus DPC PJS Kabupaten Batubara

Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:49 WIB Last Updated 2022-08-30T11:49:18Z
Ketua PJS Sumut, John Daniel Damanik, SH mengukuhkan Pengurus DPC PJS Batu Bara yang dipimpin Drs. Ebson A Pasaribu untuk periode 2022-2027.

Pelitakota.com|Batubara, Ketua Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS) Sumatera Utara, John Daniel Damanik, SH mengukuhkan Pengurus DPC PJS Batu Bara yang dipimpin Drs. Ebson A Pasaribu untuk periode 2022-2027 yang pengukuhannya dilaksanakan di Aula RM Al-Barokah, Selasa (30/08/2022).


 “Jadilah yang terbaik, membawa arah visi misi, begitulah cita-cita PJS yang mau kita kembangkan di Kabupaten Batu Bara,” ujar Jhon Damanik.

 

PJS lebih menekankan kepada pendidikan dan pelatihan menuju wartawan yang kompeten melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang sejalan dengan cita-cita Dewan Pers. 


“Alhamdulillah kita rencanakan pelatihan jurnalistik yang akan dilaksanakan usai Munas PJS Pusat di Jakarta, pelatihan ini nantinya bertujuan menjadikan pengurus PJS kompeten dan profesional dalam menghasilkan produk jurnalistik yang baik dan benar,” tegas Jhon Damanik. 


Selain itu ia juga dirinya menyampaikan rasa bangga kepada pengurus DPC PJS Batu Bara, dari 5 mandat yang sudah diberikan kepada PJS Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, dan baru pertama ini Kabupaten Batu Bara yang melaksanakan pengukuhan PJS se-Sumatera Utara, jelasnya Ketua DPD Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS) Sumatera Utara.


“Kita yakin dan percaya PJS akan berkembang pesat dibawah kepemimpinan Ebson A Pasaribu di Kabupaten Batu Bara,” ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Drs Ebson A Pasaribu menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah dan kepercayaan yang sudah diberikan ini, mudah-mudahan dapat kami laksanakan, kami kibarkan di Batu Bara, sesuai visi misi PJS terwujudnya wartawan berintegritas, kompeten dan profesional, saat memberikan sambutan.


“Kami Pengurus PJS Batu Bara yang baru dikukuhkan ini, belum pernah masuk organisasi pers manapun secara nasional, kami tertarik karena visi misi, dan mampu memberikan keberagaman kepada kami, dan kami melihat bahwa Perkumpulan Jurnalis Siber (PJS) ini ada di 32 DPD Provinsi, dan kami bersyukur bahwa DPC Batu Bara pertama yang dikukuhkan oleh DPD Sumatera Utara,” ujar Ebson.


Menurut Ebson keberadaan PJS ini berbeda dari organisasi lain, memiliki ciri khas, kita berhimpun tujuan satu sebagai kontrol sosial, supaya kita memiliki wawasan, profesional, tidak membawa kepentingan pribadi dalam pemberitaan, dan tidak ada unsur pribadi dalam berita, itu yang kita tanamkan, tegas Ebson.


Wartawan yang bergabung di PJS sudah bisa membuat berita, mencari dan merilis, dan harus mempu menciptakan berita, dan kita akan memberikan pelatihan yang akan diikutsertakan oleh pengurus PJS, sekaligus untuk mengasah kemampuan kita agar menjadikan sebuah berita layak untuk dibaca. 


Selanjutnya Ebson berharap agar PJS ini dapat melahirkan wartawan yang berintegritas, kompeten dan professional serta medianya harus berbadan hukum, meski saat ini dalam struktur PJS ada devisi hukum, bukan berarti suka suka melawan hukum, terangnya.


 “Saat kita mendapat intimidasi, penganiayaan dan intervensi di lapangan bidang pemberitaan, maka kita PJS siap mendampingi dan memberikan advokasi hokum. Tidak boleh ada kriminalisasi terhadap wartawan, kami siap mengadvokasinya,” tegas Ebson.


Selain itu, Ebson pun menjelaskan bahwa akan ada Munas PJS Pusat di bulan Oktober mendatang, dan terkait rekrutmen berikutnya, ada syarat untuk calon anggota namun bukan mempersulit, tutupnya saat dikukuhkan bersama Supriadi selaku Sekretaris dan Fajar sebagai Bendahara.


Disamping itu salah satu owner media lokal Batu Bara A Rafiq menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari bersejarah dimana telah lahirnya wadah berkumpulnya pers dalam organisasi PJS, berkumpul kembali rekan media untuk kesempatan menyatukan pandangan insan jurnalis, dan tujuan media itu semua sama yaitu memberitakan yang benar, bukan mencari berita yang tidak, ucapnya.


“Saya yakin PJS akan lebih besar dari pada yang lain, Ketua Sumut tidak salah pilih memilih ketua, sebab Ebson dan pengurus lainnya, merupakan orang lama di dunia Jurnalis Batu Bara. Saya ucapkan selamat kepada rekan rekan yang baru dilantik, saya siap berdiskusi untuk media bisa lebih baik kedepannya, dan bagaimana organisasi ini mendatangkan kebaikan, dan kita siap mendukung,” tegas Rafiq.


Sementara Ketua Panitia Pelantikan Darman, SE menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat ikut mensuport dan mendukung terselenggaranya acara ini, dan ia pun menambahkan bahwa wartawan harus profesional menyampaikan pesan kepada masyarakat, wartawan harus menyampaikan berita secara benar dan dapat dipertanggung jawabkan.


Turut hadir perwakilan Kapolres Batu Bara menyampaikan apresiasi dengan terlaksana pengukuhan PJS ini, ia berharap wartawan semakin maju dan professional.


“Kami Kepolisian mengharapkan kerjasama, koordinasi, dan apa yang dicita citakan berjalan baik, mulus dan lancar, maju terus. Kami juga berharap kepada pengurus PJS kibarkan bendera pataka di Batu Bara agar maju terus untuk mencerdaskan jurnalis Batu Bara,” ujar mewakili Kapolres.


Sebelumnya Ketua Umum PJS, Mahmud Marhaba mengapresiasi kerja keras DPD PJS Sumut yang telah menjalankan amanahnya untuk membentuk kepengurusan DPC di kabupaten kota. Ini adalah sebuah pekerjaan yang luar biasa, karena diketahuinnya, PJS Sumut cukup mengalami goncangan yang hebat, namun berkat kebersaan pengurus semua bisa teratasi dengan cepat.


“PJS sangat jelas visinya yakni menjadikan wartawan kompeten. UKW merupakan harga mati bagi pengurus dan anggotanya. Wartawan yang berada di PJS harus menjadi sejajar dengan wartawan lainnya untuk menjaga marwah wartawan sebagai pilar keempat demokrasi di tanah air,” tegas Mahmud yang disampaikannya kepada pengurus DPD PJS Sumut melalui video conference.    


Turut hadir dalam acara tersebut, perwakilan PWI Batu Bara, Pengurus IJTI, Ketua Bravo 5 serta rombongan, DPD IPK Batu Bara, dan pengurus JMSI.*[]

×
Berita Terbaru Update