Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PLN Batam Tetap Menjaga Estetika Kota Dalam Penyaluran Listrik di Kota Batam| PELITAKOTA.COM

Senin, 05 September 2022 | 12:27 WIB Last Updated 2022-09-07T06:47:43Z
Salah Satu Jalan Protokol di Kota Batam, Tampak dalam Foto di sisi kanan dan kiri jalan tidak ada kabel Listrik PLN Batam. (07/09/22) Foto. (Ist)

Pelitakota.com|Batam, Banyak Warga Lokal dan Wisatawan domestik mengagumi penataan sistim penyaluran listrik di kota Batam, dan dianggap Kota Batam terlihat berbeda dengan kota lainnya. Batam adalah salah satu kota yang dikenal sebagai kota industri, yang mana pada saat ini pembangunan Infrastruktur jalannya  terus digesa di masa pemerintahan Muhammad Rudi, yang mana telah menjabat 2 periode sebagai Walikota Batam dan sekaligus Kepala BP Batam. 


Tidak sembrautnya kabel listrik di kota Batam tidak terlepas dari sinergi pemerintah kota dan PLN Batam, hal itu tentu untuk menjadikan keindahan estetika kota. Hingga View jalan arteri Kota Batam, Kepri, saat ini terlihat elok dipandang mata dan hal itu dapat terlihat di sepanjang jalan utama di kota Batam tidak terlihat bentangan kabel listrik yang sembraut, utamanya dijalan-jalan protokol. 


Menanggapi sistim Penyaluran Listrik di kota Batam, Vice Presiden of Publik Relation PLN Batam, Bukti Panggabean, menjelaskan bahwa sistim penyaluran listrik di Kota Batam disampaikanya berbeda dengan Kota lain yang notabene terlihat di sisi kanan atau sisi kiri jalan. Sehingga terlihat rapi dipandang dan menambah keindahan estetika kota. 


Dijelaskan Bukti Panggabean, untuk kabel listrik di Kota Batam ternyata berada di bawah tanah atau under ground, dan bahkan jaringan bawah tanah telah mencapai 95 persen.


" Jaringan listrik PLN Batam yang Saluran Kabel Tegangan Menengah ada 1678,48 kms atau ini setara dengan 95 persen jaringannya sudah under ground," kata Vice Presiden of Publik Relation PLN Batam, Bukti Panggabean, kepada wartawan belum lama ini.


Menurut Bukti, Pembenahan masih terus dilakukan sebab masih ada sisa 5 persen yang belum terealisasi jaringan bawah tanah berada di luar pusat kota.Dan upaya merapikan kota sendiri sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu.


"Untuk kriteria pembangunan jaringan listrik under ground tidak ada syarat-syarat khusus. Namun berdasarkan master plan dari kita untuk mensyaratkan (SKTM) dan gunanya agar pelayanan kelistrikan di Kota Batam lebih handal dan secara estetika juga baik," ujar Bukti Panggabean. 


"Pembangunan jaringan under ground ini tak secara langsung dilakukan sekaligus. Namun dilakukan secara bertahap dan implementasinya sudah dilaksanakan sejak tahun 1993 hingga sekarang," kata Bukti.


Selain terlihat rapi, kelebihannya jaringan bawah tanah akan mengurangi gangguan petir dan pohon tumbang. Kekurangannya adalah pada saat pemeliharaan memang lebih sulit karena kita tidak dapat melihat secara kasat mata dan harus melakukan deteksi. (***) 



×
Berita Terbaru Update