Notification

×

Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 Sukses Digelar

Minggu | Oktober 30, 2022 WIB Last Updated 2022-10-30T03:03:35Z
Festival Sumpah Pemuda Ke-94 Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2022, Jum'at (28/10) Foto. (Ist) 

Pelitakota.com|Tanjungpinang, Ribuan masyarakat tumpah ruah memenuhi setiap sudut Kota Lama, Jalan Merdeka, Tanjungpinang guna menyaksikan rangkaian acara Malam Puncak Festival Sumpah Pemuda Ke-94 Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2022, Jum'at (28/10) malam. 


Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad hadir langsung memberikan pengarahan sekaligus menutup rangkaian acara, beserta seliuruh kepaka OPD dan FKPD lengkap.


Warna-warni dan berbagai corak bentuk kostum peserta Kepri young carnival berjalalan beriringan melalui karpet merah sepanjang Kota Lama mengawali Malam Puncak Acara bertajuk 'Merdeka Berkreasi, Bersatu Bangun Bangsa' ini.


Perhelatan ini seakan meramaikan kembali area kota lama yang  sempat terasa sepi beberapa tahun belakangan, terutama selama  pandemi covid-19 melanda. Ini merupakan event ketiga yang diselenggarakan dengan mengambil venue Jalan Merdeka di tahun 2022 setelah Festival Kopi Merdeka dan Rangkaian HUT ke 20 Provinsi Kepri.


Ini sejalan dengan salah satu proyek strategis Gubernur Ansar dalam mempercantik Kota Tanjungpinang agar bisa benar-benar menjadi ibukota Provinsi Kepri yakni dengan melakukan  revitalisasi Kota Lama Jalan Merdeka yang sedang berlangaung pengerjaannya.


Tampak bangunan ruko sepanjang jalan sudah dirapikan, di cat dengan berbagai warna, dan trotoar yang rapi tanpa ada kabel-kabel berseliweran.


Gubernur Ansar dalam sambutannya pun menyampaikan rasa bahagia dan suka citanya dapat merayakan Peringatan Sumpah Pemuda bersama semangat para pemuda Kepri dengan level acara yang wah dan meriah.


"Saya merasa bahagia dan bersukacita dapat merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang sejak saya kecil sampai saat ini, ini merupakan yang terbesar yang dilaksanakan di Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang khususnya" ungkap Gubernur Ansar.


Kemudian Gubernur menyampaikan apresiasi nya kepada panitia pelaksana kegiatan yang mempersiapkan acara ini dengan maksimal. Menurutnya event ini akan dievalusi dan dilaksanakan kembali tahun depan.


"Kemudian kita masukkan ke dalam kalender pariwisata internasional Kota Tanjungpinang. Mudah-mudahan dengan kolaborasi Pemprov dan Pemko serta Pemkab se Kepri bisa mengakselerasi lajunya pembangunan" harapnya.


Gubernur pun mengutip Kata-kata yang pernah diucapkan oleh Franklin D. Roosevelt “We cannot always build the future for our youth, but we can build our youth for the future” (Kita tidak bisa selalu membangun masa depan untuk pemuda kita, tetapi kita dapat membangun pemuda kita untuk masa depan). 


"Yang sampai saat ini, menjadi semboyan semangat pemuda untuk berkarya membangun kreativitas. Di era revolusi 4.0 saya ingin pemuda mampu bersaing di berbagai bidang digital. Untuk itu program digitalisasi daerah akan terus kita dorong" kata Gubernur. 


Usai memberikan pengarahan, Gubernur Ansar bersama pimpinan Forkopimda Kepri berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada para pemenang berbagai lomba baik offline maupun online sebagai bagian dari festival. 


Acara pun dimeriahkan dengan Pertunjukan Tari Wonderland Indonesia oleh Sanggar Tari Kreasi Guru Bintan Timur dan di akhiri Pembacaan Gurindam, Penampilan Muhammad Wiratama Riswanto, Siswa SLBN 1 Tanjungpinang serta diakhiri penampilan beberapa artis ibukota diantaranya Novi Ayla, Dahlia KDI, serta Rini Andriyani. (ron)