Notification

×

Ketua DPRD Kota Batam Sambut Baik Kehadiran Buruh di Peringatan May Day 2023

Senin | Mei 01, 2023 WIB Last Updated 2023-05-04T01:16:45Z

Ketua DPRD Kota Batam Nuruyanto, (tengah) dan kepala BP Batam M. Rudi, saat menyambut kehadiran Buruh saat peringatan May Day 2023.(01/5/2023) 

Pelitakota.com|Batam, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Nuryanto S.H., M.H., bersama Wali Kota Batam dan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, HM Rudi, memberikan kejutan kepada para buruh yang melakukan Aksi damai untuk memperingati Hari Buruh atau May Day, pada Senin (1/5/23)


Aksi unjuk rasa damai buruh pada peringatan may day ini berlangsung penuh hikmat dan para buruh tampak penuh haru ketika mereka disambut baik oleh Ketua DPRD Batam dan Wali Kota Batam dengan menyuguhkan Nasi Tumpeng sebagai pertanda peringatan May Day.


Suasana haru semakin mendalam terlihat jelas dari raut wajah para buruh yang ikut dalam aksi damai tersebut ketika kedua Pemimpin itu, Ketua DPRD Batam Nuryanto dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi memberikan rasa hormat nya kepada para buruh melalui suapan yang dilakukan Ketua DPRD Batam dan Wali Kota Batam. Kedua pemimpin Batam Ini silih berganti menyuapin perwakilan Buruh sebagai pertanda betapa berharganya para buruh dihadapan Ketua DPRD Batam dan Wali Kota Batam.


Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto ketika itu menyampaikan, bahwa suapan nasi tumpeng kepada salah satu buruh itu merupakan perwakilan dari seluruh Dewan yang ada di DPRD Kota Batam.


“Atas nama para unsur pimpinan dan anggota di DPRD Kota Batam, saya mengucapkan selamat Hari Buruh Sedunia. Mudah-mudahan dengan semangat kebersamaan kita, buruh dan Pemerintah daerah bisa berkolaborasi dan bersinergi demi kemajuan kota Batam,”ucap Nuryanto


Pria yang akrab disapa Cak Nur ini menegaskan, peran buruh, pemerintah daerah, dan DPRD Kota Batam memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga iklim investasi dengan menjaga kekondusifan dan Kota Batam.


“Dengan demikian maka akan meningkatkan investasi di kota Batam, sehingga akan berdampak positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, untuk itu marilah kita sama-sama menjaga Kondusifitas Kota Batam yang kita Cintai ini,” ujar Politisi PDIP itu mengajak buruh melalui Pengeras Suara.


Sementara itu, Ketua PC SPL Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Suprapto menegaskan mengatakan ada ribuan massa buruh yang ikut ambil bagian dalam kegiatan.


Aksi tersebut diikuti oleh ribuan massa buruh dan pekerja yang menuntut beberapa hal. Mereka meminta pemerintah untuk mencabut UU Cipta Kerja, cabut parliamentary threshold, dan mengesahkan rancangan UU perlindungan pekerja rumah tangga.


Selain itu, mereka menolak rancangan UU kesehatan dan reformasi agraria serta kedaulatan pangan. Terakhir, mereka juga menuntut agar Presiden 2024 pro buruh dan kelas pekerja.


Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, Yapet Ramon, juga menyatakan bahwa para buruh meminta peningkatan layanan energi listrik dan air minum di Batam.


“Para buruh meminta adanya peningkatan kinerja pengelolaan air dan energi listrik untuk masyarakat Batam yang dinilai tidak berjalan dengan baik sampai saat ini. Aksi tersebut diharapkan dapat memperjuangkan hak-hak buruh dan menuntut pemerintah untuk memperbaiki layanan publik yang belum memuaskan,” tegasnya. (**)