Notification

×

Wakil Ketua II DPRD Kota Batam Bersama Anggota Komisi I Rapat Penyusunan RPJPD 2023-2025

Sabtu | Oktober 14, 2023 WIB Last Updated 2023-10-18T03:40:43Z

Suasana Rapat Penyusunan RPJPD kota Batam Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Muhammad Yunus Muda berdampingan dengan Walikota Batam, Muhammad Rudi. 

Pelitakota.com|Batam, Rapat Penyusunan RPJPD kota Batam dihadiri Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Muhammad Yunus Muda, dalam kegiatan Kick Off Meeting penyusunan RPJPD  Kota Batam 2023-2045  yang digelar tersebut, Wakil Ketua II terlihat hadir bersama Anggota Komisi I, Amri. 


Adapun kegiatan yang digelar di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Wali Kota Batam. Kamis, 12 Oktober 2023.


Selain dari Anggota DPRD kota Batam Dalam Penyusunan RPJPD tersebut diketahui melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan mahasiswa  yang tergabung didalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).


“Pada 2045 nanti, pertumbuhan penduduk 70 persen lebih merupakan usia produktif sehingga perencanaan pembangunan harus disiapkan dari sekarang dan harus melibatkan anak muda,” kata Rudi. 


Lebih lanjut disampaikannya, Dirinya sangat berharap besar kepada anak muda agar dapat ikut andil dalam perencanaan pembangunan Kota Batam. Ia juga sangat yakin atas keterlibatan anak muda akan mewujudkan pembangunan yang diinginkan. 


“Kalau tidak ada masukan dari anak muda, ini akan menjadi masalah. Sekarang, silakan sampaikan apa saja yang diinginkan dalam pembangunan Batam,” pesannya. 


Terkait ini, perencanaan ini juga melibatkan akademisi dan pengusaha, hingga tokoh masyarakat. Dalam kesempatan itu Wali Kota Batam juga meminta Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam supaya menyiapkan dan meminta masukan yang tepat dalam membangun Kota Batam samapai  2045 kedepannya.


“Pikirkan 20 tahun ke depan, bagaimana kehidupan nanti supaya Batam makin berkembang. Mari berikan masukan kalau kita ingin menjadikan Batam jadi salah satu kota yang modern,” ujarnya.


Di kesempatan itu, Rudi juga memaparkan pembangunan Batam mulai dari Bandara Hang Nadim Batam, Pelabuhan Batu Ampar, jalan protokol, hingga proyek strategis nasional Pulau Rempang.


Di lokasi sama, Kepala Bapelitbangda Kota Batam, Dahlina Nopilawati, melaporkan bahwa kick off tersebut sebagai tanda dimulainya penyusunan ranwal RPJPD 2025-2045 serta meminta masukan dari semua pihak.


“Dalam penyusunan ini kami melibatkan Pemko Batam, Pemprov Kepri, BP Batam, DPRD, pengusaha, akademisi, tokoh masyarakat, hingga pemuda untuk meminta masukan apa saja yang diinginkan dalam pembangunan hingga 2045,” ujarnya mengakhiri.**