Notification

×

PT Timah Tbk Raih Penghargaan Prestisius sebagai Pendukung Program Kampung Iklim di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Rabu | November 22, 2023 WIB Last Updated 2023-11-22T09:02:36Z

 Penghargaan dari Gubenur Bangka Belitung untuk PT Timah Tbk

PELITAKOTA.com|BANGKA BARAT, Dalam momentum Hari Ulang Tahun ke 23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, PT Timah Tbk meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai pendukung program kampung iklim yang digalakkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan ini diserahkan oleh Pj Gubernur Bangka Belitung Safrizal usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 23 Provinsi Bangka Belitung di Kantor Gubernur Bangka Belitung, Selasa (21/11/2023).

ProKlim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim

PT Timah Tbk mendukung program Pro Iklim di Kampung Iklim Desa Air Limau, Kabupaten Bangka Barat yang meraih Piagam Partisipasi Program Kampung Iklim Kategori Madya oleh Kementrian Lingkungkan Hidup dan Kehutanan RI.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bangka Belitung Ferry Afriyanto mengatakan Proklim adalah program Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai bentuk kontribusi Indonesia upaya pengendalian perubahan iklim global.

ProKlim atau Program Kampung Iklim adalah salah satu program nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai bagian dari komitmen dan kontribusi Indonesia dalam upaya pengendalian perubahan iklim global sesuai hasil pertemuan para pihak (Conference of The Parties/COP) ke-26 UNFCCC.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Glasgow Climate Pact yang bertujuan untuk meningkatkan pelibatan dan peran masyarakat di tingkat tapak dan pemangku kepentingan dalam melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

"Penghargaan ini memberikan pengakuan atau apresiasi kepada kelompok masyarakat di tingkat tapak selaku pelaksana, pemerintah selaku pembina dan lembaga/stakeholder terkait (dunia usaha, lembaga pendidikan, LSM dan lainnya) selaku pendukung ProKlim," jelas Ferry.

Dirinya mengapesiasi peran PT Timah mendukung program Proklim di desa Air Limau Mentok Bangka Barat melalui program Program Kampung Amoi (Agro Mandiri dan Terintegrasi) yang merupakan salah satu bentuk kegiatan adaptasi dan mitigasi pada ProKlim yang bertujuan meningkatan ketahanan iklim di Desa Air Limau.

Menurutnya, program ini juga memberikan kemanfaatan baik dari sisi kebutuhan pangan, ekonomi, dan lingkungan.

"Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT Timah Tbk yang telah bergerak mendukung kelompok tani di Desa Air Limau dan Desa Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat melalui

Ia berharap, PT Timah Tbk dapat mensinergikan program CSR dan community development yang lebih terarah, mulai dari perencanaan hingga monitoring dan evaluasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat melalui program kampong iklim.

Sementara itu, Kepala Desa Air Limau Mexsi Diansah mengaku bangga atas penghargaan yang diterima Desa Air Limau bersama PT Timah.

"Alhamdulillah, kita merasa bangga kerja keras desa yang didukung PT Timah Tbk mendapat apresiasi berupa penghargaan baik dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Pemerintah Propinsi Bangka Belitung," katanya.

Menurutnya, selama ini PT Timah Tbk berperan aktif membantu kegiatan program Proiklim Kementrian Lingkungan Hidup

"Selama ini kegiatan Kampung Iklim kita disuport oleh PT Timah Tbk. Seperti berbagai pelatihan seperti pembuatan kompos, pelatihan ternak ayam arab dan merawang, bantuan untuk Pokdarwis Air Limau. Tanpa adanya kolaborasi tidak akan bisa memaksimalkan kegiatan yang sudah dibangun. Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Timah," kata Mexi.(*)