Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jokowi Sampaikan Krisis Ekonomi Global Benar-benar Nyata

Kamis, 25 Juni 2020 | 17:26 WIB Last Updated 2021-06-22T04:52:19Z

 


JAKARTA,- Presiden Joko Widodo meyebut, krisis global yang diakibatkan pandemi Covid-19 benar-benar nyata.


"Kemarin saya mendapatkan informasi bahwa krisis ekonomi global itu benar-benar nyata, ada benar dan semua merasakan," kata Jokowi saat mengunjungi posko Gugus Tugas Covid-19 di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (25/6/2020).

Jokowi mengaku mendapatkan informasi ini langsung dari Managing Director International Monetary Fund Kristalina Georgieva yang menghubunginya lewat sambungan telepon beberapa waktu lalu.


"Beliau mengatakan bahwa betul-betul dunia global berada pada posisi krisis ekonomi yang tidak mudah yang lebih berat daripada depresi berat 1930," kata Jokowi.

Jokowi lalu menyampaikan prediksi IMF bahwa negara-negara besar ekonominya akan minus.

Amerika Serikat pertumbuhan ekonominya akan -8 persen, Jepang -5,8 persen, Inggris -10,2 persen, Perancis -12,5 persen, Italia -12,8 persen, Spanyol -12,8 persen, dan Jerman -7,5 persen.

"Artinya apa? Demand nanti akan terganggu. Kalau demand terganggu supply-nya akan terganggu. Kalau supply-nya terganggu artinya produksi juga akan terganggu. Artinya demand supply produksi semuanya rusak dan terganggu," kata Jokowi.

Ia menyebut, kondisi ini harus menjadi kesadaran bersama bahwa pandemi Covid-19 bukan hanya soal kesehatan, tetapi juga masalah ekonomi.

Oleh karena itu, kedua aspek, baik kesehatan maupun ekonomi harus sama-sama menjadi perhatian.

"Tidak bisa kita gas di urusan ekonomi tetapi kesehatannya menjadi terabaikan. Tidak bisa juga kita konsentrasi penuh di urusan kesehatan tetapi ekonominya menjadi sangat terganggu," ujar Jokowi.

sumber : kompas.com
×
Berita Terbaru Update