Notification

×

Program Kapolri, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto.SH.SIK Launcing Polisi RW

Kamis | Juni 15, 2023 WIB Last Updated 2023-06-15T12:24:01Z
Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto.SH.SIK, saat launcing program Polisi RW. (14/6/2023)


Pelitakota.com|Batam, Program Polisi RW di Kabupaten Pelalawan telah resmi diluncurkan oleh Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto.SH.SIK. (14/6/2023)


Kegiatan launching tersebut ditandai dengan pemukulan Gong dan pelepasan ratusan ekor burung Merpati oleh Kapolres Pelalawan bersama Forkopinda Kabupaten Pelalawan, di anjungan dermaga penyeberangan Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.


Acara tersebut juga dihadiri oleh Kabidkum Polda Riau Kombes Pol Taufik Lukman Nurhidayat,S.IK, selaku Pamatwil Launching Polisi RW Polda Riau di Kabupaten Pelalawan.


Polisi RW adalah program Kapolri dalam mendukung dan mewujudkan polisi yang dekat dengan masyarakat sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.


Di Kabupaten Pelalawan terdapat 734 RW, sementara Polisi RW berjumlah 421 Personil Polri, Karena jumlahnya belum mencukupi, maka ada 1 Polisi RW yang merangkap untuk mengcover beberapa RW, tergantung dari luas wilayah dan jumlah Penduduk yang mendiami dalam satu wilayah RW.


Dalam program ini, semua anggota Polri dari setiap fungsi di libatkan dalam pelaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina Kamtibmas di tingkat RW yaitu dengan cara berbaur dengan masyarakat guna menampung permasalahan dan keluhan masyarakat guna melakukan pemecahan masalah atau problem solving.


Launching Polisi RW di Kabupaten Pelalawan juga merupakan bagian dari Launching Polisi RW di Polda Riau dan 11 kabupaten kota se-Provinsi.


Polisi RW ini hadir di tengah masyarakat agar dapat mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas dengan melakukan deteksi dini di tengah masyarakat, sehingga dalam bekerja, Polisi RW harus bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.


Dengan adanya Polisi RW ini diharapkan akan terjalin interaksi untuk saling memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembangkan sikap positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami tentang apa yang sedang dibutuhkan atau yang diperlukan oleh masyarakat saat ini, sehingga prinsip community policing dan restorative justice serta akuntabilitas tentang Penegakan Hukum dapat diterapkan.


“Kita berharap kehadiran Polisi RW di jajaran Polres Pelalawan ini dapat hadir, berbuat yang terbaik dan bermanfaat bagi Masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Pelalawan, dengan harapan situasi Kamtibmas wilayah hukum Polres Pelalawan tetap dalam keadaan aman dan kondusif, kembali di jelaskan bahwa Polisi RW ini mengedepankan upaya preventif dalam mewujudkan stabilitas keamanan masyarakat” ucap akbp Suwinto.


Usai rangkaian Launching Polisi RW Kapolres Pelalawan beserta Forkopinda dan Pamatwil Polisi RW Polda Riau bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Pelalawan untuk menyerahkan Paket sembako kepada masyarakat kurang mampu yang tinggal di seputaran dermaga Penyeberangan desa kuala terusan kabupaten Pelalawan. (SK)