Notification

×

Gubernur Kepri Resmi Buka POPDA Ke-VIII, Bintan di Dapuk Menjadi Tuan Rumah

Senin | Juli 25, 2022 WIB Last Updated 2022-07-26T14:10:11Z
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad resmi membuka perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Provinsi Kepri Ke-VIII di Lapangan Relief Antam, Kijang, Bintan, Senin (25/7).

Pelitakota.com|Kepri, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad resmi membuka perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Provinsi Kepri Ke-VIII di Lapangan Relief Antam, Kijang, Bintan, Senin (25/7). Kabupaten Bintan didapuk menjadi tuan rumah POPDA Kepri ke-VIII yang digelar dari tanggal 25 sampai 30 Juli nanti. 


Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengatakan POPDA merupakan ajang yang memegang peranan penting dalam mendukung pengembangan olahraga pelajar. POPDA menjadi bagian penting dalam mendukung program Indonesia Emas yang sedang dibangkitkan di tingkat nasional.


"Karena bibit-bibit nasional lahir dari kancah kompetisi olahraga pelajar daerah, kita perlu meregenerasi atlet-atlet yang berkualitas dan berdaya saing untuk membawa nama Kepri di tingkat nasional bahkan internasional," ujar Gubernur Ansar. 


Komitmen dan tekad yang bulat disuarakan Gubernur Ansar untuk menjadikan POPDA VIII Kepri Tahun 2022 sebagai momentum kebangkitan prestasi olahraga pelajar yang akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan olahraga pelajar di Provinsi Kepulauan Riau. 


Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen, berkolaborasi dan bekerja sama dalam memberikan pendampingan, memberikan dukungan pada cabang olahraga yang bisa mewujudkan apa yang diinginkan oleh Desain Besar Olahraga Nasional.


"Dengan adanya pelaksanaan POPDA VIII ini bisa menjadi sistem perkembangan dan menjadi wadah seleksi dan prestasi bagi atlet di Provinsi Kepulauan Riau," kata Gubernur Ansar. 


Gubernur Ansar pun mengucapkan selamat bertanding bagi seluruh pelajar yang mengikuti POPDA Kepri tahun ini. Ia berharap komitmen para pelajar bisa mengedepankan sportivitas dan persaudaraan selama bertanding mewakili Kabupaten dan Kota mereka masing-masing. 


"Yakinlah dengan kemampuan yang terbaik kita bisa menjadi juara, terus berikan seluruh usaha kita untuk membuktikan atlet pelajar Kepri bisa menjadi atlet yang berprestasi di masa depan," tuturnya. 


Adapun jumlah atlet yang akan berlaga di POPDA Kepri ke-VIII sebanyak 1.121 atlet. Dari Kota Tanjungpinang mengirimkan perwakilan sebanyak 200 atlet, Kota Batam sebanyak 248 atlet, Kabupaten Bintan sebanyak 191 atlet, Kabupaten Lingga sebanyak 180 atlet, Kabupaten Karimun mengirimkan 169 atlet dan Kabupaten Natuna mengirimkan 133 atlet. Hanya Kabupaten Kepulauan Anambas yang absen mengikuti POPDA Kepri tahun ini. 


POPDA Kepri ke-VIII akan mempertandingkan sembilan cabor. Tiga cabor akan dipertandingkan di Kecamatan Bintan Timur mulai dari cabor bulutangkis di GOR Tang, cabor sepak bola di lapangan Asura dan cabor bola voli di GOR Demang Lebar Daun.


Selanjutnya di Kecamatan Bintan Utara akan dipertandingkan cabor renang di Kolam Renang Fasharkan Mentigi, cabor basket di Vihara Dharma Santi Tanjunguban dan cabor tenis lapangan di lapangan Hang Tuah.


Untuk cabor pencak silat akan menggunakan GOR Kawal Kecamatan Gunung Kijang dan cabor sepak takraw akan dipertandingkan di GOR Kecamatan Toapaya. Sedangkan cabor atletik akan menggunakan Stadion Sri Tri Buana Dompak.


Plt. Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan dirinya mewakili masyarakat Bintan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada mereka menggelar POPDA Kepri ke-VIII. Dirinya yakin ajang ini membawa banyak manfaat untuk Kabupaten Bintan. 


Turut hadir dalam pembukaan tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Kejati Kepri Gerry Yasid, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, Bupati Lingga M. Nizar, Bupati Natuna Wan Siswandi, dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim. (Jlu)