Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dinas Bina Marga dan SDA Kota Batam Bangun Infrastruktur Jalan Senilai Rp.5 Milyaran di Lahan Tidak Berpenghuni

Sabtu, 10 September 2022 | 09:56 WIB Last Updated 2022-09-10T02:56:58Z
Proyek Peningkatan struktur jalan Dapur 12, Kelurahan Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Batam. Foto. Pantas S/Dok.Pelitakota.com

Pelitakota.com| Batam, Proyek Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Pekerjaan Peningkatan struktur jalan Dapur 12, Kelurahan Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Batam, mengundang banyak tanya warga sekitar. Kegiatan Penyelenggaraan jalan kabupaten/Kota itu diduga warga terlaksana karena adanya 'sulap menyulap'.


Pasalnya, Pembangunan pembukaan akses jalan baru yang bernilai kontrak Rp. 5.065.626.926 ini,  dinilai tidak ada urgensinya tetapi pemerintah kota Batam  melalui dinas tersebut sengaja menggelontorkan dana yang sangat besar untuk pembangunannya. 


Menurut salah seorang warga Sei Pelunggut, Sagulung, meminta namanya tidak dipublikasikan, sangat menyesalkan pembangunan jalan baru di wilayah tersebut. Menurutnya, Pemko Batam dinilainya salah sasaran untuk menggelontorkan dana yang cukup besar di lokasi yang belum berpenghuni. sementara menurutnya, masih ada wilayah atau lokasi yang dianggap lebih penting seperti di beberapa titik jalan di wilayah Sagulung banyak mengalami kerusakan dan perlu ada perbaikannya. bahkan, tidak jauh dari lokasi proyek tersebut warga sekitar masih membutuhkan akses jalan yang lebih layak, anehnya, mengapa harus adakan pembangunan di lahan yang tidak ada penghuninya. 


" Saya tidak anti pembangunan, tetapi menurut saya proyek pembuatan jalan baru di lokasi tersebut tidak masuk akal, apa ada kebutuhan yang memaksa di wilayah itu sehingga pembangunannya dilakukan? Sebenarnya ini kepentingan siapa? Ini parah ini, aneh, sebab di wilayah tersebut kita tahu sebelumnya sudah ada jalan yang dibangun oleh pemerintah. bahkan, letaknya tidak jauh jauh amat dari proyek pembangunan jalan baru sekarang, jadi urgensinya apa? katanya, di kompleks BBC, Jumat, 09/09/22.


Dinilainya, pembukaan akses jalan baru di wilayah tersebut terkesan sangat dipaksakan dan diduganya ada syarat kepentingan. 


"Saya menduga proyek ini terkesan dipaksakan dan syarat kepentingan, coba bapak lihat  disisi kanan dan kiri proyek itu, kan masih lahan kosong, siapa yang mengajukan pembangunan disana? sementara tidak jauh dari lokasi proyek, masih ada pemukiman warga membutuhkan pembangunan  jalan," ujarnya kesal. 


Investigasi awak media ini, di lokasi pada Kamis (8/9/22), proyek tersebut  masih dalam tahap clearing, setelah dibuka dan diratakan menggunakan alat berat untuk pemetaan ukuran jalan. 



Terkait  proyek peningkatan jalan Struktur Dapur 12 Sei Pelunggut ini , media ini untuk sementara belum mendapatkan penjelasan dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemerintah Kota Batam. Pembangunan akses jalan baru tersebut diperkirakan sekitar 1,5 kilo meter dan anggarannya bersumber dari APBD Pemko Batam Tahun 2022. (PS/Red) 


×
Berita Terbaru Update