Notification

×

Kunjungan Kerja ke Karimun, Gubernur Ansar Serahkan Sejumlah Bantuan

Jumat | Mei 20, 2022 WIB Last Updated 2022-05-20T12:20:09Z
Gubernur Ansar Ahmad didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Ketua TP-PKK Karimun Raja Asmah Aunur Rafiq, Serahkan Bantuan kepada pelajar berprestasi. 

Pelitakota.com| Karimun, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan insentif untuk seluruh RT/RW, bantuan operasional posyandu,  bantuan transportasi laut siswa serta memberi apresiasi kepada pelajar berprestasi dalam rangkaian kunkernya ke Kabupaten Karimun, Kamis, (19/5). 


Gubernur Ansar menyerahkan bantuan-bantuan tersebut di dua lokasi berbeda yaitu di Gedung Nasional Karimun dan Balai Sri Gading Kundur Karimun dengan total bantuan yang diserahkan untuk RT, RW dan Posyandu di Kabupaten Karimun sebesar Rp2,7 miliar. 


Jumlah RT yang menerima bantuan sebanyak 1.082 orang dengan masing-masing menerima Rp1,2 juta, atau total keseluruhan bantuan RT yang diserahkan dalam kesempatan ini sebeaar Rp1,2 miliar.  Adapun jumlah  sebanyak 389 orang dan masing-masing sama menerima bantuan sebesar Rp1,2 juta dengan total bantuan RW yang diserahkan sebeaar Rp466 juta. Sedangkan jumlah posyandu yang menerima bantuan sebanyak 189,masing-masing menwrima Rp Rp5 juta dengan total yang diaerahkan sebesar Rp945 juta. 


Gubernur Ansar dalam sambutannya menyampaikan jika peran serta RT dan RW dalam Pembangunan Desa sangat vital dan merupakan lembaga kemasyarakatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat Desa/Kelurahan. 


"RT dan RW adalah  'mulut dan telinga' nya pemerintah yang mempunyai fungsi sebagai penyampai kebijakan-kebijakan Pemerintah Desa, Daerah, maupun Pemerintah Pusat. Sebagai penerima aspirasi pertama masyarakat, pada saat berada di tengah konflik masyarakat, merekalah yang harus tampil karena memiliki pemahaman lebih terhadap skala permasalahan dan konflik yang terjadi di masyarakat" ujar Gubernur Ansar. 


Insentif RT/RW ini juga diberikan sebagai pengganti dari peruntukan sepeda motor pada janji Gubernur Ansar pada saat kampanye yang lalu. 


Mantan Bupati Bintan selama dua periode dan mantan anggota DPR RI ini mengaku telah  berkonsultasi dengan Kemendagri terkait bantuan motor yang dijanjikan, namun bantuan motor untuk RT dan RW yang pernah ia janjikan tidak dapat direalisasikan karena terkait mobilisasi aset. 


"Karena RT dan RW akan terus mengalami pergantian sehingga terkait aset sepeda motor akan berpotensi bermasalah nantinya. Namun janji tetap  kita realisasikan, meakipun dalam bentuk lain" jelas Gubernur Ansar 


Gubernur menambahkan, demikian juga dengan kehadiran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang tidak kalah penting sebagai salah satu bentuk upaya kesehatan, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. 


"Sebagai Lembaga Kemasyarakatan yang merupakan mitra Pemerintah Desa / Kelurahan yang ikut membangun dalam bidang kesehatan masyarakat. Keberadaan Posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak" tambah Gubernur. 


Gubernur Ansar berharap agar Posyandu dapat mendukung dan menyukseskan agenda Nasional yaitu Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 di Provinsi Kepri yang telah dilakukan pencanangannya kemarin, dan merupakan sebuah apresiasi bagi Provinsi Kepulauan Riau. 


Kegiatan BIAN sendiri akan berlangsung selama 1 bulan sejak 18 Mei hingga 18 Juni 2022  dengan target capaian sebesar 95 perswn. 


"Saya yakin dan percaya melalui dukungan dari Posyandu kita dapat mencapai target tersebut karena posyandu merupakan salah satu pintu dalam layanan imunisasi anak" kata Gubernur. 


Melalui pemberian insentif RT/RW dan posyandu Gubernur Ansar berharap RT/RW dan kader Posyandu menjadi lebih semangat bekerja sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Daerah Provinsi. Terutama  dalam menyampaikan setiap kegiatan atai program pembangunan kesehatan masyarakat, serta mendorong penurunan angka stunting di Provinsi Kepulauan Riau dapat maksimalkan.


Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan untuk Transportasi Laut kepada 8 sekolah di Buru, Kundur, Durai dan Moro dengan total  bantuan yang diserahkan sebesar Rp489 juta . Selain itu, Gubernur Ansar juga menyerahkan apresiasi kepada siswa berprestasi berupa piagam penghargaan. 


"Apresiasi ini semoga dapat menjadi motivasi kepada para siswa untuk terus berkarya melakukan yang terbaik sebagai generasi yang berkualitas dalam mendukung pembangunan Provinsi Kepulauan Riau" harapnya. 


Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Ketua TP-PKK Karimun Raja Asmah Aunur Rafiq, Para Staf Khusus Gubernur, Para Kepala OPD Pemprov Kepri, Pimcab BRK Tanjungpinang Wan Abdul Rahman, Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Karimun, Para Pimpinan OPD Kabupaten Karimun, Para Camat, Lurah, Kades, RT, RW, Kader Posyandu, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa di Kabupaten Karimun. (ron)