Notification

×

Ketua DPRD Nuryanto Hadiri Pelantikan Pengurus BKAG Kota Batam

Selasa | September 19, 2023 WIB Last Updated 2023-09-18T22:40:08Z

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto SH.,MH (tengah) Berfoto bersama di acara Pemilihan dan Pelantikan serta Pengukuhan para pengurus BKAG untuk periode 2023-2026. (18/09/2023) 

Pelitakota.com|Batam - Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kota Batam periode 2023 - 2026 secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam HM Rudi pada Senin (18/9/2023) malam. 


Pengukuhan dan pelantikan yang digelar Cendrawasih Sing Ballroom Hotel View Hotel Batam ini, juga dihadiri secara langsung oleh Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, pengurus BKAG Kota Batam hingga dihadiri 500 perwakilan Gereja yang ada di Kota Batam. 


Ketua Panitia Pelaksana Acara mengatakan pelantikan para pengurus BKAG Kota Batam ini berdasarkan pada hasil musyawarah besar (Mubes) yang sebelumnya dilakukan pada 8 Agustus 2023 silam. 


Dan malam ini dilanjutkan dengan pemilihan hingga pelantikan dan pengukuhan para pengurus BKAG untuk periode 2023-2026.  


"Malam ini kami merasa sangat diberkahi dan diberikan kemudahan serta kesempatan untuk bisa memajukan keagungan gereja melalui pelantikan dan pengukuhan pengurus BKAG Kota Batam. Kami juga mengucapkan terima kasih kjepada semua pihak atas perhatiannya hingga pada akhirnya pengurusan BKAG Kota Batam bisa dilaksanakan," tegasnya. 


Sementara itu, Ketua BKAG periode 2023 - 2026 Pdt.B.Fresly Sihombing mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Dan pihaknya mengajak seluruh pengurus, institusi terkait hingga Pemerintah Daerah untuk sama-sama bekerjasama dalam memajukan BKAG Kota Batam. 


"Terima kasih atas kepercayaa yang telah diberikan kepada kami, dan semoga kami semua bisa bekerja dan mengisis ruang-ruang yang ada sehiangga bisa bekerjasama dengan baik guna memajukan BKAG Kota Batam," tegasnya. 


Pada kesempatan tersebut, Pdt.B.Fresly Sihombing juga menyampaikan beberapa poin-poin rencana kerja yanga akan dilakukannya bersama pengurus yang baru saja dilantik. Antara lain, permohonan dukungan untuk menunjang semua program dan kegiatan keagamaan yang masuk dalam rencana kerja BKAG Kota Batam.


Seperti kegiatan perayaan Paskah hingga Natal Oikumene umat Kristiani, Pembinaan Ahlak kamu muda dan remaja kristiani se-Kota Batam, Pembinaan rohaniawan atau pendeta dalam memupuk kebersamaan di tengah kehidupan umat beragama hingga pengajuan adanya kantor Sekretariat BKAG Kota Batam.


Kemudian meminta perhatian dari Pemerintah Daerah terkait pengajuan insentif untuk 502 Guru Sekolah Minggu dari setiap Gereja. Mengingat, para guru-guru sekolah minggu ini menjadi garda terdepan dalam melakukan pembianaan anak bangsa.


Serta belum adanya petugas pencatatan Pernikahan di Gereja. Mengingat, selesai pernikahan membutuhkan waktu dimana pengurusnya membutuhkan waktu lebih lama dalam pengurusan akta pernikahannya di Pencatatan Sipil dan harus mendatangkan saksi ke pencatataan sipil pernikhan di Disdukcapil.


“Kami pun mengusulkan adanya adanya (hadirnya,red) petugas pencatatan pernikahan yang hadir untuk mencatatkannya di Gereja. Dan kami berharap supaya permohonan ini bisa direalisasikan guna menjalin kerjasama yang baik sesuai dengan kebutuhana yang ada,” tambahnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus BKAG Kota Batam yang baru dilantik. Dan mengaku sangat bangga dan berharap dapat memberikan manfaat untuk umat dan masyarakat di Batam. 


“Saya sangat bangga dan bahagia bahwa hari ini kawan-kawan gereja bersatu dalam organisasi yang memang sebenarnya sudah lama hadir di Batam ini. Selamat atas dilantiknya kengurusan yang baru ini, semoga Badan Kerjasama Antar Gereja ini dapat memberikan manfaat untuk umat, manfaat untuk kita semua, sehingga semakin dirasakannya kehadirannya di tengah-tengah kita semua,” ujarnya.


Politisi PDI Perjuangan ini juga menegaskan bahwa pembinaan dan pembangunan keagamaan di Kota Batam senantiasa mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting sebagai bagian internal dari upaya meletakkan landasan moral dan spiritual yang kokoh bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah.


Kondisi ini juga menjadi modal utama dalam membina dan mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama. Karena dengan terciptanya kerukunan antar umat beragama, tentunya akan semakin meningkatkan peran serta umat beragama dalam pembangunan bangsa.


"Sekali lagi kami atas nama pimpinan dan anggota di DPRD Kota Batam mengucapkan selamat dan berharap saudara-saudara mampu menunjukkan kinerja serta kekompakan dalam menjalankan program-program organisasi dan bersama pemerintahan daerah menjadi mitra dalam membangun di Kota Batam," tegasnya. ***